Kamis, 20 September 2012

Robot Dance


Latar belakang
      Robot dance adalah tarian gaya ilusi yang sering mencoba untuk meniru sebuah robot menari atau menjadi robot. Roboting memperoleh ketenaran setelah Michael Jackson menggunakan tarian ini ketika ia melakukan "Dancing Machine" dengan saudara-saudaranya. Pergerakan dari robot biasanya dimulai dan selesai dengan dimestop (sangat tiba-tiba berhenti), untuk memberikan kesan motor memulai dan berhenti, tetapi popper juga telah dikenal untuk melakukan robot.  Robot dance diciptakan pada tahun 1967. Robot dance juga ada yang sebagai tari sendiri dan kadang-kadang dianggap sebagai kinerja daripada tarian ketika pelaku seadang meniru robot tanpa musik apapun.  Pada akhir 1960-an gaya ini digunakan saat menari sosial untuk funk atau musik jiwa. Charles "Robot" Washington bukan yang pertama yang benar-benar meniru robot sebagai mime, namun ia dan rekannya "Robot Ann" yang pertama untuk menari sosial pasangan gaya musik di pesta-pesta dan klub, dan pada titik ini menjadi tarian pesta dan kemudian digabungkan dengan gaya ilusi lain untuk membentuk gaya saat ini bermunculan. Hal ini umumnya dikenal sebagai "Robotika".

Fungsi
    Robot dance berfungsi sebagai hiburan bagi semua orang, dan bisa juga sebagai tarian pesta.

Musik
Musik menjadi salah satu elemen penting dalam robot dance, karena para penari tentu tidak akan bisa menari tanpa musik. Bahkan kadang-kadang musik-musik yang seru dapat menjadi sebuah inspirasi tersendiri bagi para penari ini. Musik-musik dengan irama break beat merupakan menu wajib di sini, yaitu dengan campuran musik-musik lain seperti Jazz, Soul, Funk, Electro, Electro Funk, Disco, Hip Hop, sampai R&B. Musik-musik ini tidak dibiarkan murni begitu saja, karena ada DJ yang bertugas mengolah musik tersebut sehingga akan terdengar sangat serasi dengan gerakan-gerakan yang ada. Ketika dilakukan tanpa musik itu dianggap pantomim, bukan tarian. Tidak seperti tarian lainnya, robot juga bisa disertai sebuah acapela dengan membuat tayangan vokal berbunyi 'bip' dan elektro-mekanis suara. Olahraga

Fashion
Bagi para penari robot dance, selain musik, fashion atau wardrobe juga bagian yang sangat penting, karena menurut mereka fashion merupakan identitas diri mereka sendiri. Para penari robot dance memilih brand Adidas, Puma atau Fila untuk sepatu yang mereka gunakan.
Indonesia pun nampaknya tidak kalah dalam jenis tarian ini. Perkembangan robot dance di sini pun bisa dibilang cukup pesat, namun sayangnya para penari robot dance Indonesia masih kurang dalam urusan penampilan , seperti pemilihan tempat yang salah untuk melakukan gerakan-gerakan anehnya, entah karena ingin pamer atau memang tidak ada tempat lagi.

Tidak ada komentar:

Posting Komentar